Selasa, 10 Februari 2009

GLOP FORMULA

Barusan nemu web breeder Bengal yang membahas tentang “Glop” formula. Artinya apa nggak nemu di kamus, hehehe..( mungkin bahasa slank nya orang sono) ya diharap maklum aja ya krn bahasa Inggris saya juga pas2an. Kalo ada yg tau artinya tolong tulis di shoutbox ya. Tapi kurang lebih deskripsinya begini :

Seringkali resep2 menyediakan dibawah ini sangat menolong dalam merawat kucing yang masih sangat muda dan mungkin anda tidak bisa menemukan Kitten Milk Replacer (susu formula khusus anak kucing), mungkin toko sudah tutup, anak kucing tidak doyan dan tidak mau makan. Induk yg sedang hamil/menyusui membutuhkan nutrisi dalam jumlah yg sangat besar, glop formula ini menyediakan kalsium, cairan, elektrolit yang akan sangat menarik bahkan bagi induk yg masih nervous setelah melahirkan untuk meninggalkan bayinya beberapa menit untuk makan. Kadang2 kucing yg lebih tua mempunyai problem gusi/gigi atau kondisinya tidak sebaik biasanya, formula glop ini bisa bekerja dg baik.

Sebagai tambahan pengetahuan, susu untuk kucing harus mengandung minimal 10,9% lemak, Protein 11,1% Rasio protein dibanding lemak 1, laktosa (gula susu) 3.4, air 75%

Resep glop :

1 kaleng susu evaporated lemak penuh/whole milk(di Indonesia yg saya tahu Bear
Brand/Carnation)*
2 sdm yoghurt tawar kultur hidup (lemak penuh/whole, jangan yg light/rendah lemak)*
2 sdm mayonnaise (yg biasa/real mayonnaise, jangan yg light/rendah lemak)**
1 sdm syrup Karo light (gula jagung)**/*
1 pak Knox gelatin tawar (merk lain juga bisalah ya..)*
1 kuning telur kocok
1 cup/cangkir pedialyte tanpa rasa.***

Note:
* Beli di toko bahan kue yg besar
** Beli di Supermarket. Syrup Karo light pernah liat di Carrefour, Hypermart atau toko
grosir bahan2 kue yang besar. Yoghurt tawar bentuknya hampir padat, lembek,
bergumpal2 , ada tulisannya bakteri hidup/live culture.
*** Beli di apotik

Cara membuat :
Campur susu, yoghurt, mayonnaise, syrup sampai tercampur rata. Rebus 1 cangkir pedialyte sampai mendidih, masukan gelatin, sisihkan. Campur kuning telur dengan sedikit campuran susu, kocok rata. Masukkan campuran pedialyte & gelatin pada campuran susu, kocok rata. Masukkan pada wadah tertutup yg aman untuk dibekukan (freezer safe). Bisa juga dimasukkan dalam tempat es (yg kotak2 itu), tutup rapat dg plastic wrap. Pudding ini bisa bertahan 2 minggu. Selalu sajikan pudding pada suhu ruang. Suhu dingin dapat membuat anak kucing sakit perut.

Formula diatas sangat kaya dengan kalsium, dapat digunakan juga sebagai suplemen untuk kitten, kucing sakit atau kucing show untuk menambah berat badan. (Hmm..menambah berat badan kucing show? Tuing..tuing..antenaku blinking nih hihihi?) Beberapa Dokter Hewan telah setuju bahwa resep ini bernutrisi baik dan bergizi seimbang (Aman ya? A must try recipe kayanya nih..)

Hmm masih agak ragu2 juga dg penggunaan susu evaporated krn laktosanya tapi ada keterangan di artikelnya begini : Banyak kucing yang lebih tua kesulitan mencerna susu sapi. Acidophilus (bakteri dalam yoghurt) akan membantu mencernanya. Mungkin anda ingin mencoba terlebih dahulu dalam jumlah kecil untuk kucing yg lebih tua. Udah lama resah sm Emily yg nggak bisa keliatan bulat walaupun makannya banyak. Rasanya Emily harus jadi target pertama, hehehe..

Resep2 variasi Glop yang lain :
300 ml Pedialyte
360 ml susu kambing
1 pak gelatin tanpa rasa
2 sdm real mayonnaise
2 sdm yoghurt tawar hidup lemak penuh
1 sdt Karo syrup
2 kaleng makanan kitten (bisa juga diganti ayam/daging sapi/bebek kukus cacah kali ya?)

Cara membuat :

Rebus Pedialyte, masukkan gelatin dan larutkan. Masukkan bahan2 lain, aduk sampai tercampur rata.

1 pak gelatin tanpa rasa
1 kaleng susu evaporated lemak penuh
Air sebanyak takaran gelatin (kira2 360ml/12 oz)
3 sdm yoghurt tawar kultur hidup whole
3 sdm real mayonnaise
1 atau 2 kuning telur

Cara membuat :
Rebus air sampai mendidih, masukkan gelatin, aduk, masukkan bahan satu persatu berdasar urutan diatas. Aduk rata setelah memasukkan salah satu bahan sebelum memasukkan bahan lainnya. Gunakan blender berkecepatan rendah atau whisk (pengocok telur)

Sepertinya sih, Pedialyte lebih ok daripada air biasa ya.. karena ada kandungan elektrolitnya. Elektrolit juga nggak akan lama2 tinggal di tubuh, yg jelas bisa bikin seger kucing yg sakit/kondisinya lemas.

Penting untuk diperhatikan

Jangan memasukkan kembali glop yang tidak habis dimakan, harus dibuang. Cairkan secukupnya saja untuk 2 atau 3 kali porsi makan.
Gunakan telur mentah yg berlabel bebas salmonella. Telur ini banyak dijual di supermarket2 besar.
Jangan memasukkan putih telur dalam campuran glop ini. Putih telur dapat menghambat penyerapan protein dari glop.
Boleh menambahkan vitamin dalam glop HANYA BILA DIPERLUKAN atau kucing memang kekurangan vitamin tertentu. Kelebihan vitamin dapat menimbulkan Hypervitaminosis dan mengganggu kesehatan/perkembangan kucing.
Gelatin terbuat dari tulang binatang, aman buat kucing. Jangan diganti pakai agar2 ya..
Peringatan terakhir, masukkan kucing dalam kandang pada waktu anda membuat glop karena bisa berakhir dg bencana, kucing nggak sabar mencicipi glop sebelum anda selesai membuatnya dan akan memporak porandakan semua peralatan anda. (yg ini sedikit hiperbol huahuahua).

Sumber : hdw-inc.com, peteducation.com

Tidak ada komentar: